Pada zaman Pemerintahan Sultan Iskandar
Muda, hiduplah seorang musafir yang tiba dari Bugis di Samalanga. Orang-orang
memanggilnya dengan sebutan Tok Banda. Beliau adalah seorang yang baik hati,
pemurah, dan dermawan. Hari-hari Tok Banda bekerja sebagai petani di kawasan
Kuta Blang Samalanga.
Tok Banda menanam sayur-sayuran dan juga
semangka. Jika ada orang yang meminta, Tok Banda akan memberikannya dengan satu
syarat: Setiap peminta wajib mendoakan dengan bacaan, “Tok Banda beumeubahgia
sampoe aneuk cuco (Tok Banda (semoga) berbahagia hingga anak cucu).”
Bertahun-tahun beliau di Samalanga, sampai
benar-benar diterima oleh masyarakat setempat.
Pada suatu ketika, disaat Samalanga
kekosongan pemerintahan, para pemuka adat dari Samalanga yang dikenal dengan
Hakim Peut Misee berkeinginan bertemu dengan Raja Aceh (Sultan Iskandar Muda). Perjalanan dari Samalanga ke Aceh tersebut direncanakan menggunakan
perahu, namun karena para Hakim Peut Misee tidak ada yang mengerti ilmu
navigasi, dengan terpaksa mereka mencari orang yang lain sebagai navigator.
Pada saat itu Tok Banda lah yang dianggap mengerti ilmu tersebut, karena beliau
adalah seorang perantau yang datang dari Bugis dengan perahu.
Setelah berhari-hari perjalanan dari
Samalanga ke Aceh, tibalah mereka di Banda Aceh. Tok Banda ditinggalkan di
pelabuhan sebagai penjaga perahu, sementara para Hakim Peut Misee pergi menuju
Meuligoe Raja Aceh. Menurut sebuah versi, Raja Aceh yang ‘Troeh Mata’ sudah
menyiapkan 12 buah kursi untuk para tamunya dari Samalanga. Sultan
mempersilahkan duduk tamu-tamunya, kemudian Sultan bertanya, “Padum droe tajak?”
“Na siblah droe, yang Mulia,” jawab juru
bicara Hakim Peut Misee.” Sultan menimpali, “Yang betoi ta peugah.” Lalu
dijawab lagi oleh juru bicara Hakim Peut Misee, “Eu na sidroe teuk, si Tok
Banda tukang seut jalo, yang Mulia.” “Meunyoe menan ka get lah.” Raja
meng-iya-kan.
Kemudian Sultan memerintahkan punggawa
kerajaan untuk menjemput Tok Banda di Ulee Lheu. Sesampai di istana, Sultan
mempersilakan Tok Banda duduk di kursi yang kosong. Ternyata kursi yang tersisa
tersebut adalah kursi paling indah dan besar di antara 12 kursi yang disiapkan
oleh sultan. Para Hakim Peut Misee tidak berani mendudukinya, meskipun mereka
telah tiba dari awal.
Setelah makan malam, Sultan bertanya,
“”Peu na hajat, jioh-jioh troeh dari nanggroe Samalanga?” Juru bicara Hakim
Peut Misee menjelaskan, “Meunoe yang meulia, kamoe troeh teuka jioh dari
Samalanga menghadap baginda yang mulia untuk meubie thee bahwa di Samalanga
hana Ulee Balang. Oleh sawueb nyan kamo meulakee bak Baginda yang mulia untuk
neuteunyok salah sidroe di antara kamo untuk neu-angkee sebago Ulee balang di
Samalanga”. “Get, get,” sultan mengangguk-angguk. “Tapi, nyoe na saboh hiem,
soe nyang jeut peuglah hiem nyoe nyan keuh yang ta angkee sebagoe ampon syik di
Samalanga,“ pinta sultan.
Kemudian sultan mengajukan dua pertanyaan
sekaligus. “Meuseu bak saboh saat nanggroe haroe-hara, nanggroe Khueng
(paceklik) dan rakyat deuk, pue nyang jeut keu tumpang kroeng dan pue nyang
jeut keu ikat kroeng?” Berbagai macam jawaban yang dijawab oleh Hakim Peut
Misee. Ada yang menjawab, “Keutumpang kroeng bak bangka, keu ikat kroeng taloe
jok.” Ada juga yang menjawab, “Bak pineung ngon taloe iboeh”. Sementara itu Tok
Banda duduk, diam, dan berpikir.
Melihat Tok Banda tak berani menjawab dan
berbicara, sultan bertanya kepada Tok Banda, “Pakoen gata ta iem? Pakiban
jeunaweub jih meunurot gata?”. Dengan sigap Tok Banda menjawab, “Nyang jeut keu
tumpang kroeng na keuh boh bie, keu ikat kroeng na keuh boh keupila, yang Mulia.”
Ternyata jawaban Tok Banda benar, kemudian Raja mengatakan, “Nyoe keuh pemimpin
ureung droeneuh di nanggroe Samalanga. Neupuwoe keudeh dan neu angkee sebago
Ampon Chiek”.
Dalam perjalan dari Aceh ke Samalanga,
sampai ke Pante Raja Hakim Peut Sagoe sepakat untuk membunuh dan menjatuhkan
Tok Banda ke laut, karena mereka tidak puas dengan keputusan sultan.
Berbulan-bulan Tok Banda terapung di lautan sampai bersisik ‘timoh teuritep’.
Akhirnya, Tok Banda ditemukan oleh nelayan, kemudian diantar kembai ke istana
raja. Tok Banda pun tinggal di sana.
Empat tahun kemudian para Hakim Peut Misee
kembali datang bertemu Raja Aceh Sultan Iskandar Muda. Seperti pertemuan empat
tahun lalu, para Hakim Peut Misee menyampaikan perihal kedatangannya. “Yang
Mulia, Tok Banda kageutinggai kamo, gobnyan kageuwoe bak Allah, dan gobnyan
hana keturunan. Oleh karena nyan, kamoe muelakee bak baginda yang Mulia untuk
neutunyoek laen genantoe Tok Banda, seubago ulee Balang di Samalanga.”
Tiba-tiba, Tok Banda keluar dari biliknya
di istana dengan pakaian kebesaran Ulee Balang lengkap dengan mahkota. Secara
bersamaan Sultan mengatakan, “Ampon Chiek Samalanga na sajan kamoe, neutuloeng
puwoe seureta neu umumkan nibak rakyat bahwa nyoekeuh Ampon Chiek nanggroe
Samalanga.” Dengan rasa malu yang sangat dalam para Hakim Peut Sagoe meminta
maaf dan mengangguk-angguk. Menurut versi lainnya, Hakim Peut Misee dihukum
Pancung oleh Sultan Iskandar Muda. Inilah asal-usul Ampon Chiek Samalanga versi
masyarakat yang diturunkan secara turun temurun.
***